Selasa, 14 Juni 2011

Install Ulang Windows Via USB Flash Disk

Saya merasakan kalau instal ulang di cd itu sedikit rada ribet, apalagi kalau cd-nya kotor habis dipenjem sana-sini yang bisa membuat suka eror di tengah jalan. Oleh karena itu cara alternatif lain buat nge-instal windows adalah dengan media flash disk. Adapun caranya supaya kita dapat menginstal lewat media flash disk yaitu dengan bantuan software Win To Flash beta, mendukung semua versi kecuali Windows 95.

Win To Flash sangat praktis, gak ribet-ribet amat, orang yang gak jago-jago amat komputer bisa kok mempraktekannya. Tapi kalau pengen instal ulang lebih baik back-up dulu deh data-data penting kalian, takutnya di tengah jalan pas instal nanti manti lampu, atau terjadi yang tidak di-inginkan. Kalau yang udah mahir mah sih gak apa2 bisa direcovery tool.

Oke langsung aja....Download Win To Flash di situs resminya atau bisa juga di Brother Soft, cari aja di Om Google. Atau kalian males bisa download aja disini.

Setelah beres didownload langsung ekstrak menggunakan aplikasi Compress semacam win rar atau apa saja yang penting program kompresi. Supaya cepat klik kanan pada file tersebut kemudian klik Extract to.

Aplikasi tersebut gratis, sudah itu program portable lagi, jadi gak perlu repot nge-instal. Nah, setelah beres nge ekstrak tinggal klik saja file yang berekstensi EXE itu.
Seteh pencet exe-nya lu nanti dihadapkan layar. Disitu transfer mentahan Windows ke USB ditawarin mau Via Wizard gak. Disaranin sih mennggunakan wizard supaya gak pake lama. Klik aja pada tanda betul tersebut kalau pengen pake wizard.

Kemudian nanti ditawarin apakah kamu mau set-upnya mau selalu pake wizard terus apa gak centang aja jika kamu setuju seperti gambar yang bersimbol kuning di atas. Tapi kalau gak ya jangan.

Win To Flah sudah mendukung transfer Win dan Vista, apalagi XP. Tapi kalau pengen Win 7 atau Vista kudu nayadar dulu berapa kapasitas flash disk kalian, minimal 4 Giga.
Window file path maksudnya dimana kalian nyimpen window, lalu klik select , arahkan pada mentahan window tersebut. Usahakan file window tersebut sudah diekstrak jangan masih menggunakan iso, kalau dari cd sih gak apa2. Kemudian USB device,arahkan pada drive flsah disk kalian. Kalau udah klik next, setelah itu OK.
Muncul layar yang mendeskripsikan tentang aturan main software tersebut, karena aplikasi tersebut sudah dilindungi hak cipta. Klik Continue jika setuju.
Tunggu beberapa menit, komputer ini hanya membutuhkan kira-kira kurang 5 menit untuk mentransfer XP ke flash disk dengan processor Atlhlon X2 3 Ghz . Setelah beres, restart komputer anda dan atur biosnya priority 1 st ke flash disk, kalau belum ada update di situs resmi hardwarenya.
Oh ya, menu Win Flash bisa mengguanakan bahasa Indonesia lewat pengaturannya. Selamat mengulik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar